Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan Android 2.3.7 (Gingerbread) mesti bersiap. Pasalnya, ponsel tersebut bakal tak bisa lagi mengakses YouTube mulai 27 September.

Bukan hanya YouTube, sederet layanan Google juga tak mulai bisa diakses. Di antaranya Gmail, Maps, hingga akun Google.

Melansir dari laman Support, Google menyebut kebijakan baru ini berencana bagi melindungi keselamatan akun penggunanya. Android usang disebut sangat rentan dan membahayakan akun pengguna.

"Jika masuk perangkat sehabis 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password ketika menjajal menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps," tulis Google.

Karenanya, pengguna Android usang yang ingin mengakses layanan Google diminta secepatnya melakukan pembaruan sistem operasi (OS). Mereka harus meng-update-nya ke Android 3.0+..

Sebagai informasi, Android 2.3.7 telah berusia hampir 10 tahun. Google tampaknya ingin memutus jalan masuk perangkat Android usang dalam kebijakan tersebut.

Memutus terusan produk dan layanannya pada OS usang bukanlah kebijakan yg pertama kali. Karena sebelumnya, raksasa teknologi itu juga mengumumkan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama tidak mampu mengakses Google Play.