Warga dunia sedang cemas dengan laporan terbaru bahwa aplikasi spyware Pegasus telah dipakai buat meretas jurnalis, pencetus dan para pemimpin dunia. Namun ada cara buat mendeteksi ponsel dari spyware Pegasus buatan perusahaan Israel itu di setiap ponsel atau ponsel berakal.

Amnesty International membagikan cara untuk menyelidiki ponsel Anda jika diretas oleh spyware Pegasus produksi NSO Grup. Hal pertama yg perlu diamati yakni cara ini berbasis perintah. Makara diperlukan dua kemampuan teknis bagi menjalankannya.

Catatan kedua adalah bahwa analisis yg dikerjakan Amnesty sepertinya berfungsi jika digunakan di perangkat iOS. Dalam dokumentasinya, Amnesty memamerkan perangkat analisis miliknya berjalan terbatas di Android.

Amnesty International merilis Mobile Verification Toolkit (MVT) yg mampu diunduh gratis. Software itu adalah alat modular yang mempersempit proses bagi menganalisis data dari perangkat Android dan iOS, khususnya buat mengidentifikasi kesempatanjejak jasus.

Namun untuk melaksanakan analisis itu MVT terbilang relatif rumit bagi dioperasikan. Anda harus memakai command line buat menyebarkan kesanggupan terminal Anda, seperti laporan BGR.

Jika Anda pengguna iPhone, langkah awal yaitu memutuskan apakah Anda ingin melakukan jailbreak atau tidak. Alat yg diuji Tech Crunch melaksanakan pekerjaan memakai aplikasi MacOS Terminal dan bisa mencadangkan iPhone di Mac.

Macam Modus Penyadapan Whatsapp dan Cara Mengatasi

Lalu Anda mesti menginstal libusb serta Python 3 memakai Homebrew. Anda mampu menemukannya di halaman Github.

Setelah proses dimulai, MVT memindai file cadangan Anda buat mencari tanda-tanda adanya spyware Pegasus. Setelah proses pemindaian dilakukan sesuatu atau dua menit, proses akan berakhir dan alat akan menciptakan folder dengan dua file di dalamnya. Jika ada bukti spyware, file mulai memperjelas hal ini.