WhatsApp menciptakan kami mampu saling bertukar pesan dengan pengguna lain secara cepat. Namun ada kalanya kalian cuma sempat membaca namun tak dapat membalas chat orang lainnya ketika itu juga.
Tapi ini mampu terjadi kesalahpahaman bila pengantarpesan tahu jikalau kami hanya membaca pesan tanpa membalasnya. Sebab WhatsApp mampu menunjukkan tanda baca biru yang menjadi tanda pesan telah dibaca.

Ada sejumlah cara untuk menghindari kesalahpahaman ini. Salah satunya dengan menonaktifkan centang biru tersebut dengan masuk ke account > privacy > matikan tanda baca atau read receipts.

Namun perlu diingat, trik ini sifatnya dua arah. Artinya dikala tanda baca dinonaktifkan kau tidak dapat juga menyaksikan tanda pesan yang dikirimkan kepada orang lain.

Selain itu, ada cara lain juga bagi tetap mampu membaca baca. Kamu mampu mengaktifkan mode pesawat atau arplane mode pada HP sebelum membuka kolom chat.

Dengan cara tersebut, pengantarpesan tidak tahu apakah kau membaca pesannya atau tak. Pesan akan ditandai belum terbaca dan bahkan dikala mode pesawat tak aktif lagi, dikutip dari India Today, Kamis (5/8/2021).

Kamu juga bisa menonaktifkan last seen WhatsApp agar kamu tidak ketahuan telah membuka chat. Caranya dengan menuju ke menu Settings > Account > Privacy, dahulu matikan last seen pada kontak atau tak sama sekali.

Pesan juga mampu ditandai selaku 'belum dibaca' atau 'unread', dan menciptakan kamu ingat buat membaca serta membalasnya nanti. Caranya tekan dantahan pesan kemudian pilih 'Mark as unread'.

Namun perlu dikenang, jikalau trik ini tak menyembunyikan fakta kau telah membaca pesannya dan pengantarpun tahu chat telah dibuka. Ini buat mengingatkan kau belum membaca pesan sepenuhnya dengan ditambahkan titik biru atau hijau.

Artikel ini sudah tayang di : CNBCIndonesia