WhatsApp sekarang mampu dipakai meskipun ponsel berilmu yang kamu gunakan kelemahan kuota internet bahkan ponsel kamu mati alasannya kelemahan baterai. Ini alasannya adanya fitur Multi-device (multi-perangkat).

Dengan fitur Multi-device maka kamu bisa menggunakan WhatsApp pada empat perangkat sekaligus walaupun ponsel tidak terhubung dengan internet. Fitur ini dalam tahap uji menjajal beta version terbuka. Artinya segala pengguna mampu mendaftar bagi ikutan mencobanya.

Biasanya WhatsApp mampu beroperasi bila perangkat utama, yakni ponsel akil hidup dan terkoneksi dengan internet. Namun nantinya semua perangkat yg telah terdaftar buat melakukan akun WhatsApp mampu mengantarkan pesan meski ponsel cerdik dalam keadaan mati.

"Dengan kemampuan baru ini Anda kini bisa menggunakan WhatsApp di ponsel dan hingga 4 perangkat non ponsel lain secara bahu-membahu, bahkan kalau baterai ponsel mati," kata laman Engineering Facebook dikutip Senin (27/9/2021).

Dalam laman Faq, WhatsApp memperlihatkan syarat memakai acara beta. Yakni pengguna aplikasi WhatsApp dan WhatsApp business Beta yg memakai WhatsApp Beta baik dari Android dan iPhone.

Agar dapat menggunakannya, pastikan juga WhatsApp berada dalam versi modern. Setelah telah bergabung dengan Multidevice beta, pengguna harus menautkan perangkat pendamping.

Pada Android, cara bergabung dengan program beta ialah dengan membuka aplikasi kemudian tekan hidangan Opsi atau ikon tiga titik. Setelah itu klik sajian Perangkat tertaut atau 'Linked Devices' dan tekan Beta Multi perangkat (Multi-device beta) dan pilih 'join now'

Apabila ingin keluar, ulang cara di atas hingga Beta Multi perangkat, dan teruskan dengan klik Keluar dari Beta.

Sementara itu, pada iOS dengan membuka pengaturan dan klik Perangkat Tertaut (Linked Devices) kemudian lik Beta multi perangkat atau Multi-device beta. Selanjutnya masuk Gabung ke Beta.

Untuk keluar, tetap ulang cara tersebut dan setelah berada di Beta Multi-perangkat tekan klik Keluar dari Beta.

Facebook juga menetapkan pihaknya tetap menetapkan keselamatan dan privasi pengguna dalam fitur gres ini. Yakni melalui end-to-end encryption yang sudah dipakai platform sebelumnya.

"Yang penting kita sudah berbagi teknologi gres buat menjaga end-to-end encryption sambil tetap mengurus sinkronisasi data Anda seperti nama kontak, arsip dialog, pesan berbintang dan banyak lagi di seluruh perangkat," ungkap Facebook.