Instagram ialah media sosial yang identik dengan tampilan visual. Setiap postingan Instagram harus memuat setidaknya satu foto, bertentangan dari media sosial lain mirip Facebook dan Twitter. Oleh alasannya adalah itu, tidak jarang orang berlomba-kontes mengunggah foto model paling mempesona yang mereka miliki.


Selebgram (selebriti Instagram) kerap tampil dengan feed Instagram mereka yang artistik. Tak heran, sebelum diunggah ke akun, foto-foto selebgram lazimnya mampir dulu ke aplikasi edit foto agar gambar yang ditampilkan ke hadapan pengikutnya yaitu yang terbaik dan paling mempesona.

Anda mau feed Instagram yang juga artistik layaknya selebgram? Tidak ada salahnya menjajal 10 aplikasi edit foto yang umum digunakan selebgram ini, agar feed Anda lebih estetik.

 

1. Adobe Lightroom

Masih kerabat dengan Adobe Photoshop, Adobe Lightroom yakni aplikasi edit foto yang kerap digunakan untuk membuat foto artistik. Untuk imbas-imbas sederhana, Anda cukup menggunakan fitur Preset untuk pribadi mengaplikasikan efek pada foto Anda.

Aplikasi ini dilengkapi fitur edit warna dengan mixer warna untuk melakukan koreksi warna yang ciamik pada foto Anda. Untuk editing lanjutan, ada fitur kejernihan, tekstur dan dehaze yang mau menciptakan foto Anda lebih sempurna.

Adobe Lightroom juga mendukung pengambilan gambar pribadi dengan aplikasi. Ada sajian kamera pro yang preset-nya sudah disetel instan untuk menciptakan foto berkualitas layaknya jepretan DSLR. Di versi premium, Anda bahkan mendapatkan tool healing brush, masking, dan fitur editing profesional lainnya.

2. Planoly

Didesain khusus untuk posting Instagram, Planoly yaitu aplikasi paling tepat untuk Anda yang ingin mempercantik tampilan feed. Tidak cuma mengedit gambar yang hendak diunggah, Anda juga mampu menjadwal postingan, menciptakan stories planner, hingga manajemen hashtag.

Fitur editing yang ditawarkan Planoly sudah disesuaikan dengan keperluan Instagram. Artinya, hanya diperlukan beberapa sentuhan untuk membuat gambar yang estetik. Jika feed Anda lebih konsentrasi pada quote, Planoly mempersiapkan aneka macam desain tipografi demi menciptakan feed yang rapi.

3. VSCO

Aplikasi edit foto ala selebgram yang satu ini sangat sesuai untuk Anda yang suka feed bertemafotografi. VSCO memperlihatkan 10 preset otomatis yang bisa pribadi diaplikasikan ke foto. Fitur pengeditan sederhana seperti kontras, saturasi, dan grain akan menolong Anda menciptakan foto dengan efek film analog.

Jika merasa kurang dengan 10 preset, VSCO telah mempersiapkan perpustakaan preset yang mampu diakses dengan menu editing lanjutan. Koleksi presetnya lebih dari 200 opsi. Dengan preset lanjutan, Anda mampu membuat feed Instagram yang bertemafilm klasik layaknya bidikan Kodak, Fuji, Agfa, dan lain-lain.

4. PicsArt Photo & Video Editor

Aplikasi editing foto instan yang sungguh diperlukan oleh Anda yang ingin feed Instagram apik, unik, dan populer, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk mengedit. PicsArt akan membantu menunjukkan sentuhan pada konten-konten Anda sehingga berlawanan dari yang lain.

PicsArt memiliki filter gambar yang sedang tren dan membuat imbas foto terkenal. Anda bisa melakukan retouch pada selfie dengan menghaluskan paras , menghapus bagian tertentu, mengganti warna, dan lain-lain. Stiker gambar tersedia melimpah dan Anda mampu menciptakan stiker sendiri.

PicsArt juga mendukung pengerjaan latar belakang blur, menciptakan foto bokeh yang kental kesan artistik. Jika ingin mengganti background foto, PicsArt pun mampu melakukannya.

 

5. Pixlr

Pixlr hero dalam menusir foto agar tampakjauh lebih artistik dibandingkan dengan aslinya. Aplikasi edit foto ala selebgram ini melakukan pekerjaan dengan efek, filter dan overlays untuk hasil editan yang keren dan indah.

Dengan overlays, Anda bisa mengendalikan tone gambar dan menentukan imbas. Anda bahkan bisa membuat kesan surreal pada foto dengan memilih filter-filter imitasi mirip pencil sketch, poster, dan watercolor. Ada fitur double exposure untuk membuat foto yang mendekati karya seni.

Untuk selfie, fitur yang ditawarkan Pixlr cukup beragam seperti penghalusan kulit, pemutih gigi, penghilang noda paras , dan memperindah kontur paras .

6. Lightleap

Lightleap yang dahulu bernama Quickshot ini adalah aplikasi untuk mengambil dan mengedit foto secara profesional, sungguh disarankan bagi Anda yang ingin menciptakan feed Instagram dengan fotografi berkualitas tinggi. Bagaimanapun kondisi foto mentah Anda (miring, buram, tidak konsentrasi, warna pudar, dan lain-lain), Lightleap menjanjikan akan memolesnya maksimal dengan effort yang minimal.

Dimulai dari latar belakang. Dengan sekali sentuh, Anda bisa mengubah background langit dengan 60+ pilihan langit bermutu HD, mulai dari cerah, berawan, berdebu, sampai langit fantasi. Anda juga mampu menghilangkan obyek yang tidak diperlukan di latar belakang Anda.

Pengeditan lanjutan didukung oleh filter dan efek untuk memilih vibe/mood seperti apa yang Anda harapkan untuk foto. Masih ada adjust untuk menyesuaikan mutu foto menjadi lebih tajam, lebih gelap, dan sebagainya.

7. PicSay

Sesuai namanya, PicSay mengedit foto agar bisa “menyampaikan” dengan menambahkan teks dan bab lain supaya foto lebih unik dan menarik. Tidak banyak filter editing foto seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, tetapi dengan PicSay Anda mampu menciptakan meme-meme lucu dengan penampilan yang apik.

PicSay disupport banyak stiker seperti word balloon dan obyek-obyek lain. Ada efek distort untuk membuat foto yang melengkung-lengkung, marker untuk menandai obyek, pixelize untuk mengaburkan obyek, dan lain-lain. Untuk melakukan koreksi sederhana pada foto, ada hidangan adjusment untuk mengendalikan brightness, saturation, dan sebagainya.

8. Afterlight

Aplikasi edit foto ala selebgram yang tampilannya sederhana dan menghidangkan fitur editing gambar yang mudah dan instan. Afterlight sesuai untuk Anda yang mengharapkan perlengkapan editing yang eksklusif dan to the point.

Afterlight melengkapi diri dengan 15 adjustment tools, 59 filter, dan 66 tekstur untuk memoles foto. Ada efek pencahayaan otomatis yang mampu menyetel arah datangnya cahaya. Efek berkabut juga bisa Anda gunakan untuk membuat kesan foto ala-ala pegunungan.

9. Unfold

Unfold ialah aplikasi yang mendedikasikan diri menciptakan story Instagram yang rapi dan minimalis. Bagi Anda yang suka tampilan Instagram yang mudah tetapi berkesan, Unfold mampu membantu merealisasikannya.

Aplikasi ini memperlihatkan koleksi template yang berjumlah besar, terdiri dari beberapa klasifikasi yang bisa Anda pilih seperti Film atau Scrapbook. Fitur editing teks juga sungguh stylish dengan banyak sekali opsi font berkarakter kontemporer.

Foto-foto Anda akan diatur memakai filter dan efek yang bernuansa modern, membuat tampilan yang bersih dengan warna-warna lembut. Stiker-stiker yang ditawarkan pun menciptakan foto tampaklebih mewah .


 10. Snapseed


Aplikasi edit foto ala selebgram produksi Google LLC, Snapseed, memberikan fitur editing lengkap layaknya software edit gambar profesional. Cocok bagi Anda yang mengharapkan output foto yang sempurna, dengan sentuhan pada setiap sisinya.

Fitur utama terdiri dari 29 tools dan filter seperti healing, brush, HDR, perspektif, dan sebagainya. Anda bisa mengendalikan keseimbangan eksposur untuk memutuskan foto Anda proporsional dari sisi pencahayaan, kontras, sampai kedalaman.

Efek-imbas terbaik bisa Anda aplikasikan eksklusif seperti vintage, retrolux, grunge, dan noir. Fitur-fitur selfie juga cukup banyak dengan tools untuk menyempurnakan tampilan paras .

Demikian 10 aplikasi edit foto selebgram yang mampu Anda coba. Selamat berkreasi dengan feed artistik Anda!