Kasus COVID-19 yang kembali meningkat, membuat pemerintah harus memberlakukan pembatasan acara. Masyarakat pun mesti kian hati-hati dikala keluar rumah dan wajib tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk problem kesehatan, keberadaan aplikasi konsultasi dokter gratis bisa banyak membantu, terutama kalau cuma gejala ringan saja.

Mengapa Konsultasi Dokter Melalui Aplikasi?

Selain sebab peningkatan masalah CV-19 mirip yang sudah disinggung di atas, aplikasi konsultasi dokter gratis juga memberikan banyak kemudahan bagi penduduk . Meskipun untuk masalah penanganan kegawatdaruratan aplikasi tidak bisa menolong banyak, tetapi aplikasi bisa menghemat kepanikan kalau terjadi sesuatu.

Terlebih lagi, dengan berkonsultasi pada dokter melalui aplikasi, mampu memberikan second atau bahkan third opinion terhadap duduk perkara kesehatan. Belum lagi fasilitas dalam berkonsultasi langsung dengan dokter seorang ahli. Kesempatan seperti ini niscaya akan lebih sukar kalau dijalankan secara langsung.

Daftar
Aplikasi yang Bisa Konsultasi dengan Dokter secara Gratis

Melalui aplikasi konsultasi dokter, penduduk tak perlu berbondong-bondong ke klinik atau rumah sakit untuk unek-unek sederhana. Selama belum membutuhkan penanganan medis, berkonsultasi via aplikasi bisa sedikit menawarkan rasa tenang. Berikut ini daftar aplikasi yang bisa coba digunakan:

1. Alodokter

Alodokter menjadi aplikasi konsultasi dokter gratis teratas di Play Store. Fitur-fitur yang dimiliki terbilang lengkap, mulai dari konsultasi dengan dokter via chat, booking akad konsultasi, hingga keberadaan postingan kesehatan. Pengguna juga bisa membeli keperluan kesehatan dan menerima bab harga sampai 5% bila menunjukkan aplikasi Alodokter di Apotek Century.

Berafiliasi dengan ribuan dokter berpengalaman yang ada di 1.500 rumah sakit serta klinik dari seluruh pelosok Indonesia. Tak hanya itu saja, Alodokter juga menunjukkan fitur asuransi kesehatan dengan premi yang murah dan pendaftaran mudah. Asuransi dari Alodokter memperlihatkan derma untuk rawat inap meraih Rp1 juta per malam.

2. Halodoc - Doctors, Health Stores & Appointments

Selain Alodokter, bisa dikatakan bahwa Halodoc ialah aplikasi kesehatan yang paling populer di Indonesia. Aplikasi yang diprakarsai oleh sekumpulan dokter ini memberikan kemudahan dalam masalah kebutuhan kesehatan para penggunanya. Tak cuma berkonsultasi dengan dokter lewat fitur chat, pengguna juga bisa berbelanja produk kesehatans secara online.

Aplikasi ini juga berafiliasi dengan beberapa klinik dan rumah sakit. Jadi jika butuh konsultasi dan investigasi lebih lanjut, booking bisa dikerjakan lewat aplikasi. Belum cukup itu saja, Halodoc juga menawarkan kemudahan cek laboratorium yang kesudahannya akan pribadi diantarkan ke aplikasi.

3. KlikDokter: Healthy Solutions

KlikDokter mempunyai fitur chat yang bisa 24 jam dalam seminggu. Kaprikornus, berkonsultasi dengan dokter pun mampu segera dikerjakan tanpa perlu menunggu hingga esok hari. Fitur chat ini juga memiliki topik obrolan yang berlainan setiap harinya. Topik-topik kesehatan yang diangkat misalnya perihal gizi dan pembatasan kuliner , kehamilan dan kesuburan, gigi dan ekspresi, dan sebagainya. 

Ada pula postingan dengan beragam topik kesehatan yang bisa didapatkan pada aplikasi ini. Satu lagi fitur mempesona yang dimiliki oleh KlikDokter yakni tools yang berhubungan dengan kesuburan dan kehamilan. 

4. SehatQ: Doctor Consultation, Online Appointment

Menggunakan aplikasi Sehat yakni cara terlengkap dan termudah untuk masalah kesehatan. Apa pun masalah kesehatan yang ditemui sehari-hari, mampu eksklusif dikonsultasikan terhadap dokter via chat. Konsultasi chat yang dikerjakan juga dijamin kerahasiaannya, jadi tak perlu aib dan ragu untuk menanyakan dilema kesehatan apa pun. 

SehatQ juga bisa dipakai untuk melaksanakan booking kesepakatan ketemu dengan dokter. Ada ribuan dokter yang terdaftar di SehatQ dan bisa dipilih hanya dengan sekali klik. Apabila pembayarannya akan dijalankan dengan memakai asuransi, tinggal pilih provider asuransi yang dipakai. 

5. YesDoc: 24 Hour Live Doctor Consultation

Ada hal bertentangan yang disediakan oleh aplikasi konsultasi dokter gratis yang satu ini, yaitu adanya fitur panggilan video. Fitur ini bisa dipakai secara real-time 24 jam non stop. Ada dokter yang bertugas yang siap menjawab semua dilema kesehatan yang pengguna keluhkan. Makara jika butuh pertolongan pertama, YesDok mampu membantu menawarkan arahan yang sempurna.

Apabila yang dikeluhkan masih belum membutuhkan penanganan medis eksklusif, ada kemungkinan tim dokter dari YesDoc akan meresepkan obat. Jika demikian, maka ada fitur pengiriman obat langsung ke depan pintu. Selain itu, masih ada fitur-fitur mempesona lainnya dalam aplikasi ini. Hanya saja, ketika melaksanakan konsultasi dengan video call koneksi internet mesti stabil.

6. Lekassehat

Ragu melaksanakan konsultasi dokter secara online alasannya takut salah mendeskripsikan unek-unek? Jangan cemas, selain fitur chat, Lekassehat memiliki fitur video call, sehingga dokter bisa lebih niscaya dalam memberikan diagnosis. Ada bermacam-macam jenis dokter yang tergabung dalam aplikasi ini, mulai dari dokter lazim, seorang ahli, gigi, sampai gigi seorang ahli.

Dokter yang tergabung di aplikasi ini juga bisa memberikan resep sesuai dengan keluhan yang dimiliki. Untuk pembelian obat, bisa memanfaatkan layanan farmasi yang terdapat di dalam aplikasi atau bisa juga dibeli di apotek terdekat. Jadi, menggunakan aplikasi ini bisa mengurangi biaya periksa langsung ke klinik atau ke kawasan tinggal sakit.

7. ProSehat: Chat Dokter, Panggil Dokter ke Rumah

Jika belum puas cuma dengan sekedar konsultasi via chat atau video call, ProSehat menunjukkan sesuatu yang lain, yaitu home visit. Artinya, pengguna mampu memanggil dokter ke kawasan tinggal cuma lewat aplikasi. Tak hanya mengundang dokter saja, layanan lab, imunisasi, dan vaksinasi mampu dijalankan secara DriveThru atau mengundang petugas ke kawasan tinggal.

Hanya saja, layanan vaksinasi home service gres mampu dimanfaatkan oleh pengguna yang bertempat tinggal di Jabodetabek saja. Selain konsultasi dan layanan home service, ProSehat juga memperlihatkan bermacam-macam produk kesehatan lengkap yang selalu memiliki promo mempesona. Produk kesehatan yang ada juga bisa dibeli dengan cara berlangganan, untuk menghemat lupa.

8. Good Doctor

Aplikasi ini digadang-gadang bisa menyanggupi semua kebutuhan kesehatan pengguna. Alasannya alasannya aplikasi ini mempunyai misi untuk memberikan 1 dokter untuk 1 keluarga di Indonesia. Berkonsultasi dengan dokter mampu gampang dikerjakan selama 24 jam non stop dengan dokter biasa atau seorang ahli.

Ada pula fitur untuk reservasi obat yang mau eksklusif dikirimkan hingga ke depan pintu rumah. Selain itu, jika butuh pelayanan medis langsung, pengguna bisa melakukan booking melalui aplikasi ini. Bagi yang memakai asuransi kesehatan yang sudah berhubungan dengan Good Doctor juga akan menerima banyak manfaat menawan yang lain. 

9. MyDoctors - Konsultasi Dokter dan Psikolog

Jika aplikasi konsultasi dokter gratis yang telah disebutkan sebelumnya cuma berpusat pada dilema kesehatan fisik, maka MyDoctors punya konsentrasi lain. Melalui MyDoctors, konsultasi yang dijalankan tak cuma berbentukkesehatan fisik, melainkan juga kesehatan psikis. 

Konsultasi mampu dikerjakan secara terjadwal dengan audio visual lewat video call, sehingga tidak perlu datang pribadi ke klinik atau rumah sakit. Meski begitu, jikalau dibutuhkan MyDoctors juga mampu menciptakan akad temu. Akan namun, jika tidak memungkinkan maka ada tim yang umum melakukan home service, baik untuk investigasi maupun pemeriksaan laboratorium.

10. Satwagia - Dokter Hewan, Konsultasi Online, Grooming

Berbeda dengan sembilan aplikasi yang disebutkan sebelumnya, aplikasi yang satu ini ditujukan untuk problem kesehatan binatang. Ada fitur yang bisa dipakai untuk melaksanakan konsultasi terkait keadaan kesehatan binatang peliharaan kesayangan. 

Selain itu, ada pula fitur untuk melaksanakan booking kesepakatan ketemu dengan dokter hewan di klinik serta kesepakatan grooming. Memenuhi kebutuhan hewan peliharaan pun mampu dijalankan dengan aplikasi ini. 

Keberadaan aplikasi konsultasi dokter gratis di atas jelas sungguh menolong di era pembatasan acara seperti sekarang ini. Terlebih lagi, bagi yang sungguh cemas akan penularan COVID-19 yang kembali meningkat. Asalkan tidak memerlukan penanganan medis, maka kunjungan ke kawasan tinggal sakit atau klinik mampu dikurangi.