Banyaknya format untuk foto atau gambar yang dipakai ketika ini pasti memiliki kualitas yang berbeda-beda. Salah satu format yang dimaksud ini adalah JPG untuk foto. Namun kadang-kadang format JPG ini rusak sehingga pengguna merasa resah. Akan tetapi hal ini mempunyai solusi dengan memakai software untuk memperbaiki file JPG yang rusak dengan gampang.

Mengapa File JPG Rusak?

Sangat banyak pertanyaan yang kadang masa muncul mengapa file JPG yang dimiliki tersebut mengalami kerusakan. Memang ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sehingga file tersebut rusak dan tidak bisa dibuka. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait penyebab rusaknya file JPG yang wajib dimengerti seseorang:

1. Bad Sector

Penyebab mengapa file JPG menjadi rusak alasannya adalah bad sector atau akumulasi dari kerusakan disk. Dimana kerusakan disk yang dimaksud ini adalah disk magnetik sehingga memperlihatkan imbas yang besar terhadap ruang penyimpanan. Kerusakan ruang penyimpanan ini yang mengakibatkan file dikala proses penyimpanan mengalami kegagalan.

2. Media Penyimpanan Tergores

Pada dasarnya memang beragam media agar mampu menyimpan file yang dimiliki mirip CD atau DVD. Apabila media ini tergores pasti file foto yang ada di dalamnya akan mengalami kerusakan sehingga tidak terbaca. Maka dari itu, jika menggunakan media ini sebaiknya senantiasa hati-hati saat ingin membuka file.

3. Degradasi Data

Dapat pula disebabkan alasannya adalah degradasi data yang lazimnya terjadi pada hard drive yang dimiliki pengguna. Dimana hard drive tersebut akan kehilangan orientasi pada bab magnetik yang mensugesti kerusakan pada bit data yang tersimpan. Adapun penyebab mengapa degradasi data ini terjadi mirip perangkat yang dimiliki terlalu panas.

Software Untuk Memperbaiki File JPG

Memang file JPG tersebut masih mampu diperbaiki sehingga seseorang tidak butuhmerasa khawatir akan hal tersebut. Sangat banyak software yang mampu dipakai untuk memperbaiki file yang dimaksud ini. Lantas apa saja software yang bisa dipakai? Berikut klarifikasi terkait dengan tawaran software untuk memperbaiki file JPG yang rusak:

1. Stellar Phoenix

Software yang mampu digunakan yakni Stellar Phoenix dan dianggap sungguh ampuh dalam menanggulangi file JPG yang rusak. Bahkan bukan hanya file dengan format JPG saja, tetapi juga dengan format lainnya mirip PNG. Namun software ini hanya mampu digunakan dalam perangkat PC saja sehingga tidak bisa dipakai untuk perangkat ponsel pandai.

Cara menggunakannya pun cukup gampang yakni menentukan tools untuk mengekstrak Thumbnail. Dengan tujuan untuk melihat kembali file JPG yang rusak sehingga nantinya mampu disimpan kembali ke perangkat. Bukan hanya memperbaiki file tersebut saja, namun juga mutu yang diberikan pada ketika proses perbaikan final sesuai dengan ukuran asli.

2. File Repair

File Repair ini juga digunakan dalam perangkat PC untuk memperbaiki file JPG tersebut. Software ini bisa dipakai di berbagai perangkat yang dimiliki sehingga membuat lebih gampang pengguna jikalau ingin memperbaiki file tersebut. Caranya ialah sinkronkan software tersebut ke perangkat PC supaya nantinya bisa melaksanakan pemindaian file.

Secara otomatis, file yang rusak akan terdeteksi dan akan diekstrak ke dalam bentuk format yang baru. Dengan format gres ini pasti file JPG yang rusak mampu lagi ditampilkan di perangkat. Hal menarik yang dimiliki software ini alasannya bisa menanggulangi kerusakan pada gambar yang disebabkan alasannya adalah efek virus. Memang efek ini kadang kurun terjadi sehingga file rusak.

3. SysInfo Image Repair Software

Nah, software ini juga dijadikan selaku software untuk memperbaiki file JPG yang rusak dengan mudah. Dimana software ini sangat ampuh untuk memperbaiki file JPG dan cara pemulihan filenya pun cukup mutakhir. Bagaimana tidak, pengguna mampu memulihkan file JPG tersebut dengan algoritma foto. Nantinya file JPG akan dipulihkan secara otomatis.

Software tidak hanya memperbaiki file JPG, tetapi juga file dengan format lain pun bisa diperbaiki dengan gampang. Bahkan software ini dapat memperbaiki kartu Sekolah Dasar yang dimiliki maupun wadah penyimpanan yang lain. Melihat beberapa kelebihan tersebut pasti membuat software ini dianggap sebagai software yang terbaik.

4. Doctor Pic

Doctor Pic juga tidak kalah populer untuk dipakai dalam memperbaiki file JPG dan tentunya lebih diketahui dengan nama Picture Doctor. Manfaat yang dimiliki oleh aplikasi ini pasti sangat sesuai dengan nama yang dimiliki ialah untuk memulihkan file yang rusak. Bahkan software ini bukan cuma memulihkan file, akan tetapi mampu menyempurnakan grafik pada gambar.

Dengan begitu, grafik pada gambar menjadi lebih cantik dan bermutu pada ketika dipandang mata. Bahkan software Doctor Pic ini juga mampu digunakan untuk memulihkan format PSD yang diperoleh dari aplikasi Adobe Photoshop. Namun sebelum menggunakan aplikasi ini seharusnya mengenali model yang disediakan yakni model pro dan model biasa.

5. PixRecovery

Sama halnya dengan software lainnya yang mampu digunakan untuk memperbaiki file JPG yang dianggap rusak atau tidak terbaca. Nantinya file yang tidak terbaca tersebut akan dipulihkan sama mirip gambar orisinil sehingga pengguna tidak butuhmerasa cemas. Hal ini disebabkan alasannya software tersebut selalu mempertahankan dimensi dan warna file yang orisinil.

Software ini mempunyai sedikit perbedaan dengan software lainnya yang pada umumnya memperbaiki semua format file. Berbeda dengan PixRecovery yang mampu memulihkan beragam kamera digital yang dipakai dikala mengambil gambar. Dimana ragam dari kamera digital yang dimaksud ini antaranya Sony, Fuji, dan lain sebagainya.

6. Kernel Photo Repair

Ada juga software untuk memperbaiki file JPG yang rusak yang dinamakan Kernel Photo Repair. Memang software ini dikhususkan untuk memulihkan file JPG yang dimiliki maupun file JPEG. Nantinya software ini membantu menangani dilema tersebut sehingga file yang dimiliki bisa dibuka kembali seperti semula terlebih jikalau file penting.

Sangat banyak kelebihan yang dimiliki dari software ini antaranya bisa memperbaiki atau memulihkan lebih dari 1 foto secara serentak. Dengan begitu, bisa dibilang jika pengguna bisa meminimalisir waktu dan mutu dari foto tetap terjaga. Maksudnya, foto akan terlihat terperinci yang disertakan dengan mutu HD yang dimiliki pastinya.

7. Data Recovery Wizard

Menggunakan software ini memang sungguh membantu untuk memulihkan file JPG rusak yang dimiliki. Dimana nama dari software tersebut yakni Data Recovery Wizard yang apalagi dulu harus diunduh oleh pengguna. Software ini bisa digunakan untuk memulihkan file yang rusak menggunakan perangkat PC yang dimiliki pengguna.

Nantinya pengguna mengunduh dan pasang aplikasi tersebut, lalu buka aplikasi untuk mengklik Scan. Pilih file JPG yang rusak lalu Recover pada penampilan software, secara otomatis file tersebut akan ditampilkan. Memang cara memulihkan file JPG yang rusak dalam software tersebut tidak terlalu sukar tentu saja.

Itulah penjelasan terkait dengan penyebab sehingga file JPG mengalami kerusakan atau tidak mampu dibuka. Namun hal tersebut niscaya mempunyai solusi untuk mengatasinya. Dimana penyelesaian yang dimaksud ini dengan mempergunakan software untuk memperbaiki file JPG yang rusak. Software tersebut pun mampu dipakai dalam perangkat PC dan ponsel akil.